Langsung ke konten utama

Inilah 5 desa wisata terbaik di Indonesia

Inilah 5 desa wisata terbaik di Indonesia

Jakarta - Desa wisata merupakan penggerak perekonomian warga desa. Ada banyak daerah di Indonesia yang memiliki desa wisata. Salah satunya adalah kawasan istimewa Yogyakarta. Menurut Tempo.co, desa wisata di Yogyakarta terdiri dari Tamansari, Sosromenduran, Warungboto, Sayidan, Kauman, Purbaya dan lain-lain. Desa wisata ini sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Selain Yogyakarta, ada daerah lain dengan desa wisata cantik yang layak untuk dikunjungi.
berikut daftar desa wisata di Indonesia:

Jakarta - Desa wisata merupakan penggerak perekonomian warga desa. Ada banyak daerah di Indonesia yang memiliki desa wisata. Salah satunya adalah kawasan istimewa Yogyakarta. Menurut Tempo.co, desa wisata di Yogyakarta terdiri dari Tamansari, Sosromenduran, Warungboto, Sayidan, Kauman, Purbaya dan lain-lain. Desa wisata ini sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Selain Yogyakarta, ada daerah lain dengan desa wisata cantik yang layak untuk dikunjungi. Dilansir Jadesta.com, berikut daftar desa wisata di Indonesia:
1. Desa Pariangan, Kabupaten Tanah Datar
Desa Pariangan memiliki sejuta keindahan yang mampu menyejukkan hati. Pengunjung yang datang ke sana dapat menikmati deretan rumah adat dalam kondisi sangat baik, masjid kuno yang megah, sawah yang luas dan sungai dengan air yang jernih. Menurut mitos setempat, desa Pariangan merupakan tempat pertama kali orang Minangkabau menetap di Sumatera Barat.

2. Desa Sungai Nyalo, Kecamatan Pesisir Selatan
Desa Sungai Nyalo merupakan desa wisata sekaligus pemukiman yang bercirikan kawasan terkenal bernama Mandeh Painan. Desa Sungai Nyalo terletak di pesisir selatan Sumatera Barat. Panorama keindahan perbukitan dan pantai desa Sungai Nyalo membuat pengunjung betah berada disana.

3. Desa Tamansari Kabupaten Banyuwangi
Desa Taman Sari memiliki keindahan alam berupa panorama kawah Gunung Ijen yang sangat spektakuler. Pengunjung yang tiba disana disuguhi dengan “api biru” yang sangat indah. Pengunjung juga bisa melihat secara langsung cara hidup suku Osing atau masyarakat adat yang tinggal dan tinggal di desa Taman Sari.

4. Desa Kersik, Kabupaten Kerinci
Desa Kersik terletak tepat di kaki Gunung Kerinci. Desa ini merupakan salah satu dari sekian banyak jalan menuju Gunung Kerinci.
Desa Kersik memiliki kebun dan ladang teh yang luas. Para pendaki sering menggunakan lapangan yang luas sebagai base camp dimana mereka bisa beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

5. Desa Madobak, Kabupaten Kepulauan Mentawai
Selain memiliki tempat wisata pantai yang indah dan sumber daya alam yang melimpah, Desa Madobak juga terkenal dengan adat dan tradisi yang masih terjaga. Pengunjung Desa Madobak menyaksikan upacara atau ritual keagamaan yang sakral.

itulah beberapa desa wisata terbaik yang sudah dirangkum, kira-kira apa di artikel tersebut terdapat desa kalian...?
simak terus update blog kami supaya kalian tidak ketinggalan info yang menarik, kunjungi www.rioutman.blogspot.com

*BACA JUGA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
*BACA JUGA INFO LAINNYA DI GOOGLE TRENDS
*BACA JUGA INFO DESA WISATA LAINNYA DI TEMPO.CO

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDAHNYA BENDUNGAN SOKAWATI, PEMALANG

INDAHNYA BENDUNGAN SOKAWATI, PEMALANG Mayoritas masyarakat Desa Sokawati adalah petani subsisten, hanya sedikit yang menjadi pedagang/tengkulak hasil kebun desa dan desa sekitarnya. Sebagian besar pemuda dan pemudi adalah perantau yang mengadu nasib di kota-kota besar, biasanya Jakarta. Ada juga beberapa kepala keluarga yang merantau ke Jakarta setelah musim tanam padi untuk berdagang. Meskipun sawah di desa adalah bumi berkat surga, para petani di desa adalah petani yang keras kepala/gigih. Di desa ini, selain balai desa terdapat dua kantor, yaitu kantor asisten Perhutani (Asper) dan kantor kepala Resor Polisi Hutan untuk Kesatuan Tata Hutan (Formulir Permohonan). ) Sokawati, untuk melindungi hutan di wilayah Sokawati dan sekitarnya. INDAHNYA BENDUNGAN SOKAWATI,PEMALANG Ada juga kantor Sudin Pengairan wilayah Ampelgading, karena di desa inilah terdapat bendungan besar Sungai Comal. Bendungan Sungai Comal memberikan pemandangan yang indah dari sore hingga senja, dimana dari tenggara hi

Apa itu Desa Wisata dan Bagaimana Konsep Pengembangannya?

Apa itu Desa Wisata dan Bagaimana Konsep Pengembangannya? Desa wisata dan tempat wisata di desa merupakan hal yang berbeda, namun seringkali sulit untuk membedakannya. Saat ini, banyak desa yang menyebut dirinya desa wisata. Namun setelah dilihat lebih dekat, itu hanya ada di desa dalam bentuk objek wisata, dan tidak ada konsep pengembangan desa wisata. Adanya objek wisata atau bentuk kegiatan wisata lainnya yang diadakan di suatu desa untuk menarik wisatawan berkunjung tidak serta merta menjadikan desa tersebut sebagai desa wisata. Pembangunan desa wisata tidak dapat dilakukan dalam semalam, hanya dapat diwujudkan dengan menciptakan daya tarik wisata atau mengadakan kegiatan wisata di desa tersebut. Tidak hanya itu, konsep pengembangan desa wisata harus memenuhi banyak faktor penting yang tidak terlepas dari peran komunitas atau masyarakat sebagai partisipan penting. Pengertian desa wisata Desa wisata adalah komunitas atau masyarakat penduduk dalam suatu wilayah terbatas yang dapat b

5 Wisata dari Negeri Surga di Magelang, Air Terjun Eksotis hingga Nuansa Bali

5 Wisata dari Negeri Surga di Magelang, Air Terjun Eksotis hingga Nuansa Bali    Negeri Khayangan merupakan tempat wisata di Kabupaten Magelang , Jawa Tengah yang saat ini sedang digempur. Tempat yang dulunya merupakan Jalan Tol Khayangan ini menawarkan panorama alam yang indah serta foto-foto Instagram. Wisatawan bisa berfoto di gerbang benteng, Istana Negara Khayangan, bahkan patung kereta kuda.  namun saat anda berkunjung ke Negeri Langit, sempatkanlah untuk mampir ke tempat wisata di sekitarnya. Berikut 5 tempat wisata di Negeri Kahyangan Magelang yang bisa Anda kunjungi: 1. Air Terjun Kedung Kayang  Air Terjun Kedung Kayang merupakan tempat wisata terdekat dengan Negeri Khayangan. Jaraknya hanya sekitar 2,7 kilometer (km) dan waktu tempuh sekitar 10 menit. Lokasi air terjun ini juga berada di desa Wonolelo serta Negeri Khayangan. 2. Gardu pandang Ketep   Tempat Pengamatan Ketep di Ketep Pass telah lama menjadi tempat pencarian populer bagi wisatawan. Situs ini berjarak sekitar 5,6