Langsung ke konten utama

Wisata Desa Penggarit

DESA WISATA PENGGARIT, PEMALANG

Kabupaten Pemalang di Jawa Tengah memang terkenal dengan keindahan alamnya karena letak Kabupaten Pemalang yang sangat strategis yaitu di tepi Laut Jawa Utara dan di lereng Gunung Slamet. Tidak hanya pemandangan alamnya yang menakjubkan, Kabupaten Pemalang juga memiliki budaya dan seni yang luhur, makanan tradisional yang lezat dan desa wisata yang unik.

Salah satu desa wisata di Kabupaten Pemalang yang memiliki hubungan sejarah panjang dengan berdirinya Kabupaten Pemalang adalah Desa Wisata Penggarit. Desa ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Kabupaten Pemalang, namun mungkin masih asing bagi masyarakat di luar Kabupaten Pemalang, yuk kenali Desa Wisata Penggarit.

WISATA DESA PENGGARIT

LOKASI WISATA DESA PENGGARIT

Desa Wisata Penggarit terletak di Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemarang, Jawa Tengah. Letaknya tidak jauh dari pusat kota Pemalang, sekitar 10 kilometer atau 22 menit berkendara. Untuk menuju Desa Penggarit Wiasata, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika ingin menggunakan kendaraan umum, kita bisa naik bus jurusan Randudongkal dari Terminal Pemalang, turun di Pasar Paduraksa, lalu naik ojek menuju Desa Wisata Penggarit.

APA SAJA YANG ADA DI WISATA DESA PENGGARIT?

Sesampainya di Desa Wisata Penggarit, anda akan disambut oleh sungai yang sangat indah yaitu Sungai Waluh, selain itu anda juga dapat menghirup udara segar khas desa yang masih sangat alami. Oh iya di Desa Wisata Penggarit juga ada Bendungan yang namanya Bendungan Sungapan, setelah melewati Jembatan Bendungan Sungapan kita akan disambut oleh gerbang Desa Wisata Penggarit yang megah sekali.

BENDUNGAN SUNGAPAN, PENGGARIT

1. BENDUNGAN SUNGAPAN

Desa Wisata Penggarit ini memiliki potensi alam yang luar biasa, tanahnya sangat subur, dan banyak tumbuhan yang bisa tumbuh subur disini, selain itu budaya dan kesenian Desa Wisata Penggarit masih lestari, termasuk ketika sampai di kawasan Taman Benowo kita disambut dengan baik. dengan tarian tradisional yaitu tari rekso wanoro yang menceritakan tentang kera-kera penjaga hutan, karena masih banyak kera yang hidup liar di daerah tersebut. Banyak potensi wisata yang bisa kita jelajahi di Desa Wisata Penggarit, antara lain:
Salah satu tempat wisata di Desa Wisata Penggarit adalah wisata religi makam Pangeran Benowo, salah satu putra Sultan Hadiwijaya atau Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir dari Kerajaan Pajang. Nama besarnya "Pangeran Benovo" menjadi sorotan dari wisata religi ini. Banyak peziarah datang dari luar daerah Pemalang. Selain ziarah, sebagian besar wisatawan juga ingin melihat pohon langka yaitu naga sari yang tumbuh di makam Pangeran Benovo. Setiap tahun pada tanggal 20 Januari, Haul Pangeran Benowo biasanya berlangsung dengan dihadiri ribuan warga.

MAKAM BENOWO, PENGGARIT

2. MAKAM  BENOWO

Tak hanya itu, di kawasan ini juga terdapat makam sesepuh bupati Phamalang, makam Syeh Jamur Apu. Pada Jumat malam, Makam Pangeran Benovo dan Makam Shemushroomap biasanya ramai dikunjungi peziarah dari segala penjuru. Di kawasan sekitar makam Pangeran Benovo dan makam Syekh Jamur Apu banyak terdapat kera-kera liar yang hidup di alam liar.

Taman Benovo masih satu kawasan dengan makam Pangeran Benovo, dan nama Taman Benovo diambil dari nama Pangeran Benovo. Oh iya, untuk masuk ke Taman Benowo ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 3000. Suasana Taman Benowo sangat sejuk dan asri karena terdapat pepohonan yang rimbun di sekitar kawasan Taman Benowo.

*BACA JUGA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
*BACA JUGA INFO LAINNYA DI GOOGLE TRENDS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDAHNYA BENDUNGAN SOKAWATI, PEMALANG

INDAHNYA BENDUNGAN SOKAWATI, PEMALANG Mayoritas masyarakat Desa Sokawati adalah petani subsisten, hanya sedikit yang menjadi pedagang/tengkulak hasil kebun desa dan desa sekitarnya. Sebagian besar pemuda dan pemudi adalah perantau yang mengadu nasib di kota-kota besar, biasanya Jakarta. Ada juga beberapa kepala keluarga yang merantau ke Jakarta setelah musim tanam padi untuk berdagang. Meskipun sawah di desa adalah bumi berkat surga, para petani di desa adalah petani yang keras kepala/gigih. Di desa ini, selain balai desa terdapat dua kantor, yaitu kantor asisten Perhutani (Asper) dan kantor kepala Resor Polisi Hutan untuk Kesatuan Tata Hutan (Formulir Permohonan). ) Sokawati, untuk melindungi hutan di wilayah Sokawati dan sekitarnya. INDAHNYA BENDUNGAN SOKAWATI,PEMALANG Ada juga kantor Sudin Pengairan wilayah Ampelgading, karena di desa inilah terdapat bendungan besar Sungai Comal. Bendungan Sungai Comal memberikan pemandangan yang indah dari sore hingga senja, dimana dari tenggara hi

Apa itu Desa Wisata dan Bagaimana Konsep Pengembangannya?

Apa itu Desa Wisata dan Bagaimana Konsep Pengembangannya? Desa wisata dan tempat wisata di desa merupakan hal yang berbeda, namun seringkali sulit untuk membedakannya. Saat ini, banyak desa yang menyebut dirinya desa wisata. Namun setelah dilihat lebih dekat, itu hanya ada di desa dalam bentuk objek wisata, dan tidak ada konsep pengembangan desa wisata. Adanya objek wisata atau bentuk kegiatan wisata lainnya yang diadakan di suatu desa untuk menarik wisatawan berkunjung tidak serta merta menjadikan desa tersebut sebagai desa wisata. Pembangunan desa wisata tidak dapat dilakukan dalam semalam, hanya dapat diwujudkan dengan menciptakan daya tarik wisata atau mengadakan kegiatan wisata di desa tersebut. Tidak hanya itu, konsep pengembangan desa wisata harus memenuhi banyak faktor penting yang tidak terlepas dari peran komunitas atau masyarakat sebagai partisipan penting. Pengertian desa wisata Desa wisata adalah komunitas atau masyarakat penduduk dalam suatu wilayah terbatas yang dapat b

5 Tempat Wisata di Bandung untuk Liburan Akhir Pekan, Ada Banyak Spot Foto Menarik!

5 Tempat Wisata di Bandung untuk Liburan Akhir Pekan, Ada Banyak Spot Foto Menarik! Kawasan Bandung, Jawa Barat menampilkan banyak tempat wisata yang instagrammable dan modern. Keunikannya membuat tempat wisata Bandung menarik bagi wisatawan, dan selalu banyak yang mengunjunginya, terutama saat liburan akhir pekan. Akan lebih menyenangkan jika Anda mengunjungi tempat wisata di Bandung ini bersama teman, keluarga atau pasangan. Berikut lima destinasi wisata untuk akhir pekan di Bandung yang instagramable dan cocok untuk kamu yang suka berfoto. 1. Kawah Putih Tempat wisata di Bandung yang instagramable dan menenangkanmu adalah Kawah Putih. Keindahan alam tempat ini membuat wisatawan tidak pernah bosan untuk mengunjunginya. Pemandangan kawah yang sangat besar, air yang berwarna biru kehijauan, tebing kapur putih dan juga kabut yang menutupi tempat Kawah Putih sungguh menakjubkan. Jangan lupa manfaatkan keindahan alam sekitar dan abadikan dengan foto-foto di tempat-tempat yang anda inginka