Langsung ke konten utama

Ada `Awan Gelap' Ekonomi 2023, Begini Bocoran Bisnis Wisata

Ada `Awan Gelap' Ekonomi 2023, Begini Bocoran Bisnis Wisata 

2023 Economic 'Dark Clouds', Travel Leaks Here
JAKARTA, CNBC INDONESIA - Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimis dengan pariwisata Indonesia di tahun 2023.
Terlepas dari ketidakpastian global dan awan gelap resesi yang menyelimuti hampir setiap planet di dunia, Sandy optimistis target 1,2 hingga 1,4 miliar wisatawan domestik dapat tercapai.

“Kami optimistis bisa mencapai target 1,2-1,4 miliar wisatawan domestik,” ujar Sandiaga Uno dilansir dari Profit CNBC Indonesia, Jumat (12/9/2022).
Sandi juga menyampaikan kunjungan wisatawan mancanegara yang akan dibidik untuk ambang batas bawah berada di angka 3,6 juta kunjungan, dan batas atas 7,2 juta kunjungan. Di mana angka tersebut juga merupakan dua kali lipat dari target kunjungan pada tahun 2022.
Ada `Awan Gelap' Ekonomi 2023, Begini Bocoran Bisnis Wisata
"Optimis kita bisa menarik wisatawan yang lebih berkualitas dan berkelanjutan. Dan sangat optimis untuk penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024," ujarnya.
Sejalan dengan itu, Sandi menyampaikan bahwa pihaknya saat ini tengah Menyusun paket bangga berwisata di Indonesia. Hal ini melihat dari banyaknya generasi muda yang mulai mengambil ancang-ancang menyiapkan liburan. Namun, lanjut dia, banyak dari mereka yang ternyata belum mengetahui destinasi wisata menarik di Indonesia. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan pergerakan wisatawan nusantara yang ditargetkan 1,2 sampai dengan 1,4 miliar pergerakan atau perjalanan wisata nusantara, Kemenparekraf telah meluncurkan program Beti Dewi (Beli Kreatif Desa Wisata).
“Ada 100 desa wisata dengan paket wisata yang sangat menarik. Mereka menawarkan pengalaman yang unik, menyembuhkan, menyegarkan yang menjamin perasaan tetapi tidak membuat kantong kering, apalagi sakit kepala," katanya.
Bersama Beti Dewi, Kemenparekraf menyiapkan Pak Wisnu (Paket Wisata Nusantara) yang akan menawarkan kurang lebih 100 destinasi wisata unggulan.
“Pak Wisnu, setiap provinsi ada 3 destinasi utama. Dari Jawa hingga Indonesia Barat, Indonesia Timur menawarkan paket wisata pulau yang luar biasa,” tambah Sandi.

Sementara untuk keamanan, Sandi menegaskan pihaknya akan memastikan perjalanan di Indonesia aman dan nyaman. Ia mengaku menginstruksikan kepada biro pariwisata, pelaku industri parekraf, pengelola destinasi dan industri kreatif untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

Ada `Awan Gelap' Ekonomi 2023, Begini Bocoran Bisnis Wisata
“Persiapan (dan) kewaspadaan tidak hanya terkait dengan ancaman keamanan, tetapi kita juga perlu waspada terhadap cuaca ekstrem, termasuk gempa, banjir, dan tanah longsor. Jadi semua yang terlibat, semua yang terlibat dalam paragraf, perlu lebih siap,” katanya. .
“Wisatawan jangan takut, tetap berlibur, jangan khawatir karena sudah ada langkah mitigasi dan proaktif di destinasi wisata yang sudah menerapkan kebijakan CHSE. Agar wisatawan aman, nyaman dan menyenangkan,” pungkas Sandi.

*BACA JUGA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
*BACA JUGA INFO LAINNYA DI GOOGLE TRENDS
*BERITA DIAMBIL DARI SITUS CNBINDONESIA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDAHNYA BENDUNGAN SOKAWATI, PEMALANG

INDAHNYA BENDUNGAN SOKAWATI, PEMALANG Mayoritas masyarakat Desa Sokawati adalah petani subsisten, hanya sedikit yang menjadi pedagang/tengkulak hasil kebun desa dan desa sekitarnya. Sebagian besar pemuda dan pemudi adalah perantau yang mengadu nasib di kota-kota besar, biasanya Jakarta. Ada juga beberapa kepala keluarga yang merantau ke Jakarta setelah musim tanam padi untuk berdagang. Meskipun sawah di desa adalah bumi berkat surga, para petani di desa adalah petani yang keras kepala/gigih. Di desa ini, selain balai desa terdapat dua kantor, yaitu kantor asisten Perhutani (Asper) dan kantor kepala Resor Polisi Hutan untuk Kesatuan Tata Hutan (Formulir Permohonan). ) Sokawati, untuk melindungi hutan di wilayah Sokawati dan sekitarnya. INDAHNYA BENDUNGAN SOKAWATI,PEMALANG Ada juga kantor Sudin Pengairan wilayah Ampelgading, karena di desa inilah terdapat bendungan besar Sungai Comal. Bendungan Sungai Comal memberikan pemandangan yang indah dari sore hingga senja, dimana dari tenggara hi

Apa itu Desa Wisata dan Bagaimana Konsep Pengembangannya?

Apa itu Desa Wisata dan Bagaimana Konsep Pengembangannya? Desa wisata dan tempat wisata di desa merupakan hal yang berbeda, namun seringkali sulit untuk membedakannya. Saat ini, banyak desa yang menyebut dirinya desa wisata. Namun setelah dilihat lebih dekat, itu hanya ada di desa dalam bentuk objek wisata, dan tidak ada konsep pengembangan desa wisata. Adanya objek wisata atau bentuk kegiatan wisata lainnya yang diadakan di suatu desa untuk menarik wisatawan berkunjung tidak serta merta menjadikan desa tersebut sebagai desa wisata. Pembangunan desa wisata tidak dapat dilakukan dalam semalam, hanya dapat diwujudkan dengan menciptakan daya tarik wisata atau mengadakan kegiatan wisata di desa tersebut. Tidak hanya itu, konsep pengembangan desa wisata harus memenuhi banyak faktor penting yang tidak terlepas dari peran komunitas atau masyarakat sebagai partisipan penting. Pengertian desa wisata Desa wisata adalah komunitas atau masyarakat penduduk dalam suatu wilayah terbatas yang dapat b

5 Wisata dari Negeri Surga di Magelang, Air Terjun Eksotis hingga Nuansa Bali

5 Wisata dari Negeri Surga di Magelang, Air Terjun Eksotis hingga Nuansa Bali    Negeri Khayangan merupakan tempat wisata di Kabupaten Magelang , Jawa Tengah yang saat ini sedang digempur. Tempat yang dulunya merupakan Jalan Tol Khayangan ini menawarkan panorama alam yang indah serta foto-foto Instagram. Wisatawan bisa berfoto di gerbang benteng, Istana Negara Khayangan, bahkan patung kereta kuda.  namun saat anda berkunjung ke Negeri Langit, sempatkanlah untuk mampir ke tempat wisata di sekitarnya. Berikut 5 tempat wisata di Negeri Kahyangan Magelang yang bisa Anda kunjungi: 1. Air Terjun Kedung Kayang  Air Terjun Kedung Kayang merupakan tempat wisata terdekat dengan Negeri Khayangan. Jaraknya hanya sekitar 2,7 kilometer (km) dan waktu tempuh sekitar 10 menit. Lokasi air terjun ini juga berada di desa Wonolelo serta Negeri Khayangan. 2. Gardu pandang Ketep   Tempat Pengamatan Ketep di Ketep Pass telah lama menjadi tempat pencarian populer bagi wisatawan. Situs ini berjarak sekitar 5,6